Ditelepon Teman, Rp 22 Juta Raib

62

BARUSARI – Berhati-hatilah Anda jika mendapatkan panggilan telepon dari orang tidak dikenal dan mengaku sebagai teman. Jangan sampai mengalami nasib apes seperti Stefanus Kristiandi, 27, warga Tambak Mulyo, Tanjung Mas, Semarang Utara. Ia tertipu seorang lelaki yang mengaku sebagai teman lamanya.
Modusnya dengan minta bantuan untuk biaya berobat. Alhasil, uang senilai Rp 22.650.000 miliknya melayang tak berbekas. Ia akhirnya melaporkan sang penipu yang mengaku bernama Adiatma ke Mapolrestabes Semarang.
Nasib sial ini bermula ketika ponsel milik Stefanus terus berdering, Rabu (28/5). Dengan sedikit malas, ia mengangkat panggilan dari nomor asing yang terus menelepon tersebut. Saat diangkat, dari seberang terdengar suara lelaki mengaku bernama Adiatma. “Begitu salam, penelepon langsung menanyakan kabar. Dia mengaku teman lama saya dan sok akrab,” akunya saat melapor.
Hingga akhirnya, keduanya terlibat perbincangan yang agak serius. Dalam perbincangan, sang penelepon mengaku membutuhkan uang untuk biaya berobat. “Tidak tahu kenapa, tiba-tiba langsung terenyuh, padahal jelas tidak kenal. Pelapor juga menegaskan akan mengembalikan uang itu cepat,”katanya.
Seperti ada yang mengomando, Stefanus bergegas berangkat ke sebuah ATM di SPBU Kaligawe. Tidak hanya itu, ia juga sempat transfer uang di ATM Kawasan Erlangga dan mesin ATM di Bubakan, Semarang Utara. “Anehnya saya menurut terus, tidak protes. Semua yang saya kirim totalnya Rp 22.650.000,” tambahnya.
Stefanus mulai curiga, ketika ia mendapatkan telepon dari Adiatma dan kembali meminta uang Rp 5 juta, Sabtu (31/5) pagi. Saat itulah ia baru sadar jika sudah menjadi korban penipuan. (fth/ton)

Tinggalkan Komentar: