Batik Kombinasi Lebih Diminati

106

SEMARANG – Jenis kain batik kombinasi atau batik kombinasi kemeja dan dress makin diminati masyarakat. Motif yang beragam sangat apik dipadukan dengan dress jenis polkadot ataupun kemeja lengan panjang maupun pendek.
Yuni Dwijayanti, Marketing Manager Batik Jayakarta, mengaku jika batik kombinasi yang telah jadi lebih laku dibanding kain batik yang belum jadi. ”Minatnya memang lebih banyak yang sudah jadi, dengan persentase 60 persen dibanding 40 persen,” ujarnya.
Sementara untuk batik kain yang belum jadi, biasanya dicari konsumen dengan segmentasi menengah ke atas. ”Biasanya mereka beli kain batik untuk hadiah atau, dijahit sendiri dengan model yang mereka inginkan. Membeli kain kemudian menjahit sendiri, ketemunya akan lebih mahal, namun untuk segmentasi tertentu tidak masalah,” ujarnya.
Di Batik Jayakarta, harga kombinasi batik terbilang murah dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu-an. Sementara untuk kain batik cap harganya dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per helainya. Sedangkan kain batik tulis berharga Rp 300 hingga Rp 3 jutaan.
Batik saat ini juga tidak identik dengan orang dewasa, karena remaja juga sudah banyak yang suka mengenakan batik. Motif batik yang makin beragam dan modern membuat generasi muda tidak malu memakai batik, bahkan, menjadikan remaja lebih percaya diri. (den/smu/ce1)