Akses Jalan Rusak, Hambat Wisatawan

104

KANDRI – Rusaknya Jalan Manyaran – Gunungpati cukup meresahkan warga. Selain berbahaya, jalan ini adalah akses jalan utama menuju Kelurahan Kandri yang dikhawatirkan menghambat wisatawan untuk datang ke desa wisata tersebut.
Kondisi jalan ini cukup memprihatinkan. Sejak awal 2014, ada bagian jalan yang patah. Lokasinya berdekatan dengan jurang sedalam lebih dari 5 meter. Masih ditambah lampu penerang jalan yang mati. Sehingga pengendara motor yang lewat jalur alternatif penghubung Kota Semarang dan Kabupaten Semarang harus ekstra hati-hati, terutama di malam hari. Jalan ini juga sering dilalui truk dengan beban berat sehingga menambah kerusakan jalan.
Paryadi, 32, warga sekitar mengatakan, akibat jalan yang rusak, selain arus lalu lintas tersendat juga rawan kecelakaan. “Banyak pengendara motor yang jatuh karena kaget dan kondisi jalan yang licin. Saya harap pemerintah dan dinas terkait segera memperbaiki akses jalan yang rusak,” ungkapnya.
Camat Gunungpati Bambang Pramunsinto mengatakan, jalan tersebut rusak karena berada di jalur patahan. Kondisi ini sudah berulang kali terjadi usai ada perbaikan. ”Ini bukan kerusakan yang pertama, melainkan sudah terjadi berulang kali seperti di Jalan Gombel Lama dan Pawiyatan Luhur yang juga merupakan jalur patahan,” katanya.
Ia mengaku sudah meminta Dinas Bina Marga untuk memperbaiki jalan tersebut, namun hingga kini belum bisa direalisasikan. Perbaikan jalan baru akan dimulai dari ruas jembatan Kalipancur hingga pintu masuk objek wisata Gua Kreo. “Perbaikan jalan tahap dua untuk Gua Kreo hingga pertigaan pasar Gunungpati baru akan dilakukan tahun depan,” ucapnya.
Supardi, 50, pengunjung Gua Kreo asal Salatiga mengaku sangat terganggu dengan akses jalan yang rusak. Ia sengaja melintasi Gunungpati sebagai jalur alternatif untuk melihat perkembangan objek wisata yang ada. ”Kalau akses jalannya begini, pasti wisatawan enggan datang. Apalagi untuk mobil sedan akan menyangkut di tengah jalan karena patahan jalan yang melintang,” paparnya. (den/ton/ce1)