Air PDAM Mati 10 Hari

14

SADENG – Selama 10 hari terakhir air PDAM di Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunung Pati mati sehingga membuat aktivitas warga terganggu. Diduga, pompa air yang digunakan untuk mengalirkan air rusak sehingga air tidak bisa mengalir lancar ke rumah warga.
Siti Maesaroh, 45, warga RT 2 RW 4 Sadeng mengatakan, aktivitas sehari-harinya terganggu karena air PDAM yang ia gunakan sering mati. ”Untuk masak dan kebutuhan sehari-hari sangat susah lantaran air sering mati. Kejadian ini sudah terjadi 10 hari terakhir,” katanya kepada Radar Semarang, Senin (2/6).
Saat warga komplain ke pihak PDAM hanya mendapatkan jawaban jika aliran air yang dipompa tidak bisa naik daerah Sadeng. ”Kami sudah lapor ke PDAM, tapi belum ada perbaikan. Padahal warga bayar iuran tidak pernah telat. Jelas ini sangat merugikan. Kami berharap agar air bisa mengalir normal,” ujarnya.
Sementara itu, Sujoko petugas rumah pompa air milik PDAM mengaku jika aliran air tidak maksimal lantaran pompa air mengalami masalah. Ia terpaksa menggilir aliran air agar semua warga bisa kebagian air. ”Pompanya kurang maksimal, jadi terpaksa harus digilir. Saya sudah lapor tapi belum ada tidak lanjut, hanya ada bantuan berupa mobil tangki air kepada warga yang kekurangan air,” paparanya.
Lurah Sadeng Sunardi mengaku sudah melayangkan surat ke PDAM agar memberbaiki kerusakan. Menurutnya, saat ini air di Kelurahan Sadeng air PDAM sudah mulai mengalir. ”Kami sudah melapor ke pihak terkait, PDAM pun sudah membantu beberapa air tangki kepada warga,” ucapnya.
Terpisah staf Humas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Joko Purwanto mengakui beberapa hari terakhir aliran di daerah Sadeng memang sempat tersendat. Hal itu dikarenakan Bak Pelepasan Tekan (BPT) Sadeng mengalami penurunan debit. Namun sudah diperbaiki. ”Sekarang kondisi aliran pasca perbaikan mengalami normalisasi aliran. Dan sekarang kami sedang melakukan inventarisasi aliran-aliran tersebut. Sehingga butuh waktu untuk lancar. Namun jika warga membutuhkan air tangki kami siap membantu,” tandasnya. (den/zal/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here