PDAM Segera Ganti Pipa Saluran Air

100

DEMAK-PDAM Demak segera mengganti pipa saluran air yang mengalir ke para pelanggan, utamanya pipa yang sudah berusia puluhan tahun. Pipa jaringan buatan 1973 yang membentang di tengah Kota Demak antara Jalan Sultan Fatah hingga Kampung Krapyak, selama ini sudah sering bocor dan rusak. Para pelanggan sudah cukup terganggu dengan kebocoran tersebut.
Direktur PDAM, Qomarul Huda mengatakan, untuk mengganti pipa lama itu dibutuhkan dana belasan miliar. “Kami sudah susun proposal untuk pengajuan dana ke APBN. Ini untuk mengganti pipa besar dan kecil yang rawan bocor karena dimakan usia. Kami mencatat, dua kali bocor tiap tahun. Karena itu, setiap ada pipa pecah, kami harus mencari pipa di kedalaman 1 meter,” terangnya, kemarin.
Seperti diketahui, beberapa hari lalu pipa PDAM yang berada di Jalan Sultan Fatah pecah hingga mengakibatkan pasokan air ke pelanggan macet. Karena insiden itu, warga banyak yang terpaksa mandi dengan air galon isi ulang.
Menurut Qomarul Huda, selain berupaya melakukan penggantian pipa tersebut, PDAM kini sedang fokus pada pengembangan baru di wilayah Kecamatan Guntur, Karangawen, Wedung, Sayung dan lainnya.
Sementara itu, terkait rencana kenaikan tarif air PDAM pada Juli mendatang, hingga kini survei yang dilakukan belum menemui hasil optimal. Bahkan, hasil survei kelayakan kenaikan tersebut cenderung tidak pas atau menyimpang. “Karena itu, kami tidak pakai hasil survei tersebut,” jelasnya. (hib/ida)

Tinggalkan Komentar: