Lembaga Penyiaran Harus Bersikap Independen

14

MUGASSARI — Sebanyak 58 mobil milik stasiun radio dan televisi mengikuti pawai mobil operasional yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, Jumat (30/5). Pawai ini merupakan rangkaian peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-81.
Rombongan pawai dilepas Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko di depan Kantor Gubernur Jateng. Mobil-mobil tersebut berkeliling di jalan protokol seperti Jalan Pahlawan, Ahmad Yani, Mataram, Cendrawasih, Letjen Soeprapto, Pemuda, Tugu Muda, dan Pandanaran.
Dalam kesempatan tersebut wagub mengatakan, informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Selain sebagai hiburan juga sebagai sarana pendidikan. ”Sehingga masyarakat bisa belajar tanpa harus melalui ruang khusus sekolah tetapi bisa melalui televisi,” kata Heru usai melepas konvoi mobil operasional di Jalan Pahlawan.
Ia mengatakan, lembaga penyiaran diharapkan bisa bersikap independen. Terutama ketika menyiarkan konten lokal yang berkaitan dengan masalah sosial ekonomi. Berita-berita dari lembaga penyiaran bisa menjadi masukan pemerintah. ”Kalau dulu di pemerintahan itu ada humas yang selalu membuat berita baik-baik saja tetapi sekarang tidak bisa, karena ada lembaga lainnya,” katanya. (hid/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here