Labuhan Lawu Simbol Rasa Syukur

KARANGANYAR–Upacara Labuhan Keraton Jogjakarta juga digelar di Gunung Lawu kemarin (30/5). Tak hanya di Gunung Merapi, sejumlah abdi dalem utusan Sri Sultan Hamengkubuwono X juga menyerahkan ubo rampe kepada juru kunci. Upacara ini melambangkan rasa syukur atas nikmat yang telah diterima dari Sang Maha Kuasa.
Abdi Dalem Widyo Budoyo, Kanjeng Mas Tumenggung Hardoyudo menjelaskan, upacara Labuhan rutin digelar satu tahun sekali setiap 30 Rajab. Upacara ini digelar serentak di Gunung Merapi, Gunung Lawu dan Pemancingan Parangkusumo. Makna upacara sebagai rasa syukur terima kasih karena dulu tempat-tempat itu menjadi bertapa para Raja Mataram. “Pemberian uba rampe sebagai wujud terima kasih kepada leluhur yang memperjuangkan kerajaan Mataram,” jelasnya.
Beberapa jenis uba rampe yang diserahkan kepada juru kunci berupa kain adat Jawa. Uba rampe kemudian diserahkankan kepada juru kunci Gunung Lawu. Oleh juru kunci dibawa ke pepunden di Dusun Nano, Desa Tawangmangu dan diarak. Selanjutnya pada pertengahan malam dibawa ke puncak Gunung Lawu dan dibawa kembali pada pagi harinya.
Surono, Kepala Lingkungan Dusun Nano, Desa Tawangmangu mengungkapkan, rangkaian upacara Labuhan digelar mulai Jumat (30/5) hingga Sabtu (31/5). Uba rampe disemayamkan semalam di pendapa petilasan Dusun Nano.
“Kami menerima uba rampe dan menyambut utusan Sri Sultan. Ini sebagai wujud mempertahankan tradisi di Dusun Nano. Karena selama digelar upacara ini selalu menarik minat wisatawan. Upacara menjadi agenda wisata rutin di Tawangmangu,” ungkapnya.
Dalam rangkaian acara ini, lanjutnya, pengunjung tidak dibolehkan memakai pakaian berwarna hijau. Itu sebagai simbol warna kebesaran Keraton Jogjakarta. Sebelum menuju ke Gunung Lawu, rombongan abdi dalem mampir ke rumah dinas Bupati Karanganyar, kemarin. Dalam kesempatan itu, utusan Sri Sultan menyerahkan oleh-oleh dua kue Apem. Uba rampe dimasukkan ke dalam dua kotak kayu berwarna merah. Kotak bertuliskan Redi Lawu Kanemah dan Redi Lawu Kasepuhan. (adi/mas/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here