Jateng Tuan Rumah FLS2N

SEKAYU — Sebanyak 5.000 siswa dari 32 provinsi di Indonesia akan berlaga dalam acara Festival dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan berlangsung di Kota Semarang. Berbagai perlombaan akan dipertandingkan dalan festival yang berlangsung 1-7 Juni 2014 ini.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Nur Hadi Amiyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan peserta didik. Selain itu juga untuk meningkatkan wawasan dan penguasaan seni budaya, pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras untuk mengembangkan seni budaya dan mengelola talenta bidang seni.
”Kegiatan ini juga untuk membina dan mengembangkan kesadaran terhadap nilai-nilai luhur khasanah budaya sebagai filter terhadap pengaruh budaya global,” katanya, Jumat (30/5).
Kegiatan tersebut dikuti siswa dari berbagai tingkatan mulai SD, SMP, SDLB/SMPLB, SMA, SMALB, SMK, PKLK Dikdas dan PKLK Dikmen. ”Lomba itu diadakan di berbagai tempat di Kota Semarang seperti di hotel dan ruang publik,” ungkapnya.
Sedangkan untuk materi lomba untuk tingkat SD di antaranya menyanyi tunggal, pidato bahasa Indonesia, membuat gambar bercerita, seni tari kreasi baru, kriya anyam dan pantomim. Sedangkan untuk tingkat SMP, menyanyi solo, grup vokal, seni baca dan hifzh Alquran, cipta cerpen, dongeng dalam bahasa Inggris, musik tradisional dan kreativitas seni tari.
Untuk jenjang SMA yang dilombakan seperti desain poster, kriya, cipta puisi, baca puisi, solo vokal, film pendek, teater dan tari kreasi berpasangan. Sedangkan untuk SMALB lombanya meliputi melukis, menyanyi solo, merias wajah dan kuku, menari, desain grafis dan pantomim. Kemudian SMK meliputi tari tradisional, musik daerah/karawitan, teater bahasa Indonesia, musik/band, dan musik gitar klasik tunggal.
Jenjang PKLK Dikdas yang dilombakan ada 8 dan jenjang PKLK Dikmen yang dilombakan ada 6 lomba. ”Kegiatan ini akan dibuka oleh Mendikbud dan pembukaannya di Marina Convention Center (MCC) dan Jateng siap menjadi juara umum FLS2N tahun 2014,” katanya. (hid/ton/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here