IGN Sosialisasikan Anti Narkoba

30

KENDAL—PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring gencar melakukan aksi lingkungan dan anti penyalahgunaan narkotika. Di antaranya menggelar karnaval gerakan anti penyalahgunaan narkotika, pelepasan merpati dan balon sebagai tanda PT IGN bebas narkotika, seminar dan permainan oleh Duta Narkoba PT IGN serta penandatanganan ikrar anti narkotika karyawan.
Selain itu, digelar lomba baca puisi anti narkotika oleh anak-anak SD. Sedangkan puncak kegiatan dimeriahkan dengan pertandingan futsal antara PT IGN melawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kendal.
“Kegiatan tersebut adalah upaya PT IGN menyukseskan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal,” kata Koordinator Public Relations dan Corporate Social Responsibilty (CSR) PT IGN, Sugeng Setia.
Sejauh ini, beberapa gerakan yang sudah dilakukan PT IGN untuk menghindarkan 900 karyawan dari konsumsi narkotika adalah memberikan semangat hidup dan kebersamaan sehingga tercipta kejujuran, keterbukaan dan rasa kekeluargaan. 
Bahkan, tes urin tidak hanya dilakukan terhadap karyawan, tapi juga di tingkat jajaran direksi PT IGN. Sehingga pemimpin bisa menjadi contoh. “Jika ada karyawan yang mengkonsumsi, kami tidak akan memberikan toleransi. Tapi sejauh ini, PT IGN merupakan kawasan bebas narkoba,” tambahnya.
Kepala BNN Kabupaten Kendal, Teguh Budi Santoso menambahkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan guna memperbaiki moral para karyawan di lembaga swasta untuk memerangi narkoba.
“Sehingga bisa fokus terhadap pekerjaan dan berkarya sebanyak-banyaknya untuk meraih kesuksesan. Selain itu, PT IGN ada instansi dan lembaga lain yang juga digandeng PT IGN,” katanya.
Menurutnya, penyalahgunaan narkotika di Indonesia tergolong sangat tinggi mencapai 4 juta jiwa. Jawa Tengah menduduki peringkat kelima dengan sekitar 495.000 pecandu pada 2013. Padahal pada 2012 terdapat 12 kasus, meningkat menjadi 25 kasus pada 2013. Sedangkan hingga Maret 2014 ini, pihaknya sudah menangani sekitar 13 pecandu yang resmi melapor. (bud/ida)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here