Dua Minggu Rakit Mobil Listrik

23

GAYAMSARI – Kreativitas siswa SMK Bani Muslim Pati patut diacungi jempol. Hanya dalam waktu dua minggu mereka mampu membuat purwarupa 1 mobil listrik tanpa bahan bakar minyak (BBM). Produk ini, kemarin (30/5) dipamerkan di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dalam rangka ”Pameran Produk SMK Berbasis Pesantren se-Jateng” yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Banyak pengunjung yang memperhatikan hasil kreativitas siswa SMK Bani Muslim. Meski bentuknya masih kasar, produk para siswa tersebut sudah bisa diuji coba di jalanan.
Ketua Program Studi Jurusan Otomotif SMK Bani Muslim Sumardi mengatakan, purwarupa ini dikerjakan oleh 6 siswa kelas XI dibantu 3 guru. Waktunya memang dua minggu dan dikebut untuk mengikuti pameran ini. ”Hasilnya seperti ini masih berbentuk rakitan dan sebenarnya bodinya akan kami bentuk model mobil balap. Kami tinggal mengembangkan pemasangan bodi dan secara teknis ini sudah siap jalan dengan model pengisian strum listrik tanpa bahan bakar,” jelasnya.
Menurutnya, bahan bakar mobil listrik ini dengan sistem charge dan daya tahannya apabila dijalankan bisa sampai 8 jam. Kecepatan mobil ini bisa mencapai 50 km per jam. ”Mobil listrik ini satu-satunya yang ada di Kota Pati yang sedang digarap siswa. Dana pembuatan rakitan ini menghabiskan sekitar Rp 10 juta,” ucapnya.
Salah satu siswa Rosa Rudikan mengatakan, mobil listrik ini sengaja dibuat terbuka agar masyarakat mengetahui isinya. ”Yang jelas ada akinya, roda depan kecil, roda belakang besar. Dengan sistem charge, ini jelas irit bahan bakar dan ramah lingkungan,” katanya.
Sekretaris Jurusan Otomotif SMK Bani Muslim Priyo Purwanto menambahkan, siswa perlu diberikan pelajaran otomotif seperti ini. Bila mereka mahir nantinya bisa dikembangkan sendiri membuat mobil dengan kapasitas mesin yang besar. (mg1/ton/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here