Dewan Tinggal 3 Bulan, 11 Raperda Terbengkalai

22

GEDUNG BERLIAN — Dalam masa jabatan yang tinggal sekitar 3 bulan, DPRD Jateng masih menyisakan pekerjaan rumah berupa 11 rancangan peraturan daerah (raperda) yang belum dibahas. Kondisi tersebut membuat wakil rakyat periode ini akan meninggalkan ”pekerjaan lama” kepada para anggota dewan baru.
Plt Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan, dari jumlah raperda itu, satu raperda dipastikan tidak bisa dilanjutkan, karena terbentur regulasi. ”Kita optimistis bisa menyelesaikan 10 raperda. Untuk satu raperda yang tidak bisa dilanjutkan adalah raperda tentang penataan kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Jateng yang digarap oleh Komisi A,” kata Rukma.
Meski begitu, banyak pihak menilai waktu 3 bulan untuk merampungkan 11 raperda menjadi perda tidak mungkin cukup. Terlebih saat ini para anggota dewan sudah kembali disibukkan dalam upaya pemenangan pemilu presiden (Pilpres) 2014.
Wakil Ketua DPRD Jateng Abdul Fikri Faqih berpendapat, dewan tidak harus menyelesaikan keseluruhan raperda yang tersisa. Maka sisa raperda yang belum rampung sangat mungkin diselesaikan anggota dewan baru.
”Kalau sampai ditotal semua ya tidak bisa rampung, nanti biar anggota dewan baru yang menyelesaikan. Namun tidak bisa banyak-banyak karena mereka juga akan langsung disibukkan dengan pembahasan APBD Jateng 2015,” paparnya.
Menurutnya, di tahun 2014 ini, wakil rakyat juga masih menyelesaikan sisa raperda yang seharusnya rampung di tahun 2013 lalu. ”Kalau yang sisa raperda tahun 2013 kami optimistis bisa rampung. Tapi kalau semuanya, sangat sulit,” kata dia. (ric/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here