Berkas Kasus BKM Sarirejo Dilimpahkan

21

KALIBANTENG KULON – Berkas perkara dugaan korupsi Bantuan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sarirejo dengan terdakwa Ketua RW Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Utara, Mahfud Efendi sudah selesai. Jumat (30/5), berkas tersebut telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Semarang Abdul Azis melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasipidsus) Arifin Arsyad mengatakan, berkas sudah final dan dakwaan telah dipersiapkan. ”Adapun isi dakwaannya, tunggu saja di pengadilan,” ungkapnya.
Arifin menambahkan, mantan ketua RW itu akan didakwa menggunakan uang hasil dugaan korupsi untuk membayar sejumlah utangnya. Ia diketahui tidak mampu mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 89 juta. Dalam kasus ini, Kejari hanya menetapkan satu orang tersangka yaitu Mahfud Efendi. ”Kejari juga telah menunjuk seorang penasihat hukum untuk mendampingi tersangka. Yaitu Kairul Anwar,” imbuhnya.
Seperti diketahui, tersangka yang telah ditahan penyidik sejak akhir Maret lalu diduga terlibat kasus korupsi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan di Kelurahan Sarirejo pada 2012. Setelah proposal diajukan, tersangka menerima pencairan dana Rp 95 juta. Dana tersebut, 90 persennya dari APBN dan 10 persen dari APBD.
Proposal rencananya untuk enam kegiatan. Di antaranya rehabilitasi sumur dan kamar mandi umum, usaha cuci pakaian dan pembuatan sangkar burung. Dari enam kegiatan yang diusulkan, hanya satu kegiatan yang terlaksana, yakni pembuatan sangkar burung senilai Rp 6 juta. Sisanya, Rp 89 juta diduga tidak disalurkan sebagaimana mestinya dan diduga digunakan tersangka untuk keperluan pribadi. (fai/ton/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here