Bekuk Kawanan Pencuri

106

MUNGKID — Kawanan pencuri motor kemarin dibekuk jajaran Polres Magelang. Kawanan ini biasa mengincar motor yang ditinggal pemiliknya di tepi sawah.
Dua pelaku yang diringkus adalah AF, 22, warga Getasan, Kabupaten Semarang; dan NWS, 26, warga Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. AF ditahan di Mapolres Semarang, karena kasus serupa di sana.
Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono mengatakan, kawanan ini sudah beraksi di sejumlah lokasi. ”Modusnya, mereka beroperasi di kawasan persawahan dan hutan. Begitu melihat ada motor yang ditinggal pemiliknya, mereka beraksi,” kata Murbani, didampingi AKP Samsu Wirman, kemarin.
Dalam aksinya, mereka menggunakan kunci T. ”Karena itu, kami berharap masyarakat melengkapi kunci pengaman ganda pada kendaraan bermotornya,” tambahnya.
Hasil penyelidikan sementara, dua tersangka itu juga terlibat dalam pencurian Yamaha Vega AA 6152 EK milik Samudiyanto, 23, warga Kragilan Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.
”Saat itu, motor diparkir di tepi ladang dan ditinggal bekerja pemiliknya. Saat hendak pulang korban sudah mendapati motornya raib.”
Dua tersangka juga terlibat kasus pencurian Yamaha Vega milik Abadi, 27, penduduk Desa Girirejo Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.
Polisi juga berhasil menyita Mega Pro AA 3934 EK yang dicuri kedua tersangka. Motor itu dicuri saat ditinggal pemiliknya menonton pentas kesenian di daerah Desa Girirejo Ngablak, Kabupaten Magelang.
Tersangka mengaku terpaksa mencuri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pekerjaan mereka sebagai buruh, tak mencukupi. Para tersangka bakal dijerat pasal 363 KUHP. Hukuman penjara maksimal tujuh tahun. (vie/lis/ce1)

Tinggalkan Komentar: