SEMARANG — Laga pertama putaran kedua kompetisi Divisi Utama 2014 saat menjamu Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (31/5) besok, bakal menjadi laga penting bagi pasukan Eko Riyadi. Maklum saja, di Grup 4, Persis Solo menjadi ancaman utama tim Mahesa Jenar dalam perebutan tahta pemuncak klasemen. Saat ini, keduanya memiliki poin yang sama, yakni 18 poin setelah kemarin Persis menuai hasil imbang 2-2 versus Persiku di laga kedelapan. Sementara PSIS juga meraih 18 poin dari tujuh kali berlaga. Pada pertemuan terakhir, PSIS harus menyerah 1-0 atas Persis di Stadion Manahan Solo pada laga terakhir putaran pertama lalu.
”Saya kira Persis tetap tim bagus. Pada pertemuan di Solo lalu mereka menunjukkan permainan yang bagus. Tapi, tentu kita juga akan berjuang sekuat tenaga untuk mengamankan poin kandang besok,” kata pelatih PSIS, Eko Riyadi kepada Radar Semarang kemarin.
Selain itu, kata Eko, kekuatan Persis Solo di putaran pertama lalu tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat di jeda transfer saat ini, tim berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut juga menambah tenaga pemain baru. Terakhir, Persis telah merekrut bek asal Kamerun, Nnana Onana, dan saat ini pelatih Widyantoro juga tengah menjajaki kemungkinan untuk merekrut eks punggawa Persita Tangerang, Javad Moradi. ”Beberapa pemain lokal yang baru kita lihat juga cukup berkualitas. Makanya kita juga akan mempersiapkan diri semaksimal mungkin di sisa waktu sebelum pertandingan ini,” lanjut Eko Riyadi.

Di kubu PSIS sendiri, menghadapi Persis Solo besok juga telah memiliki dua amunisi baru, yakni bek Anam Sahrul dan bomber muda Achmad Noviandani yang didatangkan dari Persijap Jepara.
Eko mengatakan, jika urusan administrasi keduanya beres, bukan tidak mungkin keduanya akan masuk ke daftar line up PSIS ketika menjamu Persis Solo. Terutama di lini depan, penampilan Noviandani saat ini cukup ditunggu oleh publik pencinta PSIS.
”Kita lihat perkembangannya. Kalau keduanya sudah disahkan dan bisa bermain ya bisa jadi akan kami turunkan. Yang jelas, dengan bergabungnya kedua pemain itu, kita jadi semakin banyak pilihan,” tegas Eko. 

Pengamanan Ekstra
Laga big match PSIS versus Persis Solo besok selain bakal menjadi laga penting bagi kedua tim, juga akan menjadi laga yang paling ditunggu oleh suporter kedua kesebelasan. Apalagi kedua tim sama-sama memiliki suporter fanatik. Karena itu, panpel laga kandang PSIS akan memberlakukan pengamanan ekstra di laga tersebut.
”Mulai putaran kedua ini kami juga akan bekerja sama dengan tenaga pengamanan dari luar, yakni MMC Purwokerto. Kita juga akan menggunakan steward untuk pengamanan di sekitar area lapangan pertandingan,” kata ketua panpel laga kandang PSIS, Pujianto.
Mengenai kedatangan kelompok suporter Persis Solo, yakni Pasoepati, pihaknya mengatakan hingga kemarin belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak kepolisian apakah mengizinkan mereka untuk datang langsung ke Stadion Jatidiri atau tidak. Sesuai rencana, jika memang Pasoepati datang langsung ke Stadion Jatidiri, menurut Pujianto, mereka akan diberi tempat di tribun sebelah selatan yang biasa ditempati oleh kelompok suporter Panser Biru.
”Kebetulan mulai pertandingan besok teman-teman Panser Biru akan melebarkan sayap ke tribun timur. Untuk tiket juga akan ada perubahan, tribun timur yang biasanya Rp 25 ribu besok menjadi Rp 20 ribu,”
ujarnya.

Selain itu, kata Pujianto, mulai laga besok, panpel PSIS juga akan melakukan uji coba tiket barcode di tiga pintu yang ada di tribun barat, yakni VIP, tribun B dan tribun C. ”Kalau sebelumnya tiket barcode hanya berfungsi di satu pintu VIP saja. Tapi, untuk besok rencananya di tiga pintu tribun barat sudah menggunakan tiket barcode untuk meminimalisasi tingkat kebocoran penonton,” katanya. (bas/aro/ce1)