Sita Sarung Tahanan Polres

133

DEMAK-Aparat kepolisian melakukan razia di sel tahanan Mapolres Demak. Razia yang dilakukan secara mendadak tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam razia ini, petugas menyita sarung milik tahanan. Sarung tersebut disimpan di tas plastik yang dibawakan pihak keluarga tahanan.
Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho melalui Kasubag Humas AKP Sutomo mengatakan, para tahanan dilarang menggunakan sarung, katok kolor, ikat pinggang, handphone (HP), dan barang lainnya yang membahayakan diri mereka sendiri. “Ini hanya untuk mengantisipasi, termasuk kemungkinan perbuatan di luar dugaan seperti gantung diri dan lainnya,” ujar AKP Sutomo.
Selain memelototi barang atau pakaian yang dikenakan tahanan, petugas juga mengecek makanan yang diperuntukkan tahanan. Makanan harus steril sehingga tetap aman untuk tahanan. “Diruang sel tahanan dipasang CCTV yang terhubung langsung ke Kapolres dan ruang penjagaan. Karena itu, aktivitas tahanan bisa terpantau langsung,” katanya.
Menurutnya, sel tahanan Polres Demak kini dihuni sekitar 25 tahanan dengan berbagai kasus yang dialami. Biasanya sel tersebut bisa menampung hingga 40 tahanan. “Kalau kapasitas sebetulnya hanya 25 orang,” imbuhnya. (hib/ida)