Rehab 127 Rumah, Ditarget Tuntas

171

WONOSOBO – Rehab 127 rumah tak layak huni (RTLH) di Kelurahan Jaraksari, Kecamatan Wonosobo, ditarget tuntas tahun ini. Untuk itu, lurah beserta perangkat— serta masyarakat— diminta mengedepankan semangat gotong royong, saling bantu, dan bahu-membahu dalam proses perbaikan rumah tak layak huni di sekitar mereka.
Hal itu ditegaskan Bupati Wonosobo HA Kholiq Arif dalam acara peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-11 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 42, di Kelurahan Jaraksari Rabu (28/5) kemarin.
Hari kesatuan gerak PKK, menurut Kholiq, juga harus mampu mendorong kaum perempuan. Utamanya, yang tergabung dalam tim penggerak PKK, agar terus berupaya meningkatkan peran mereka dalam pembangunan.
“Momentum ini harus mampu dijadikan sebagai media evaluasi bagi para kader PKK, agar ke depan lebih fokus dalam upaya peningkatan derajat kesejahteraan keluarga,” ujarnya.
Secara tegas, Kholiq menyebut kaum perempuan memiliki peran dan fungsi strategis dalam mendukung program pembangunan pemerintah. Yakni, melalui upaya mendorong peningkatan taraf hidup dan derajat ekonomi masyarakat, dengan menggerakkan sektor usaha ekonomi produktif berbasis sumber daya alam lokal.
Harapan bupati tersebut, seiring cita-cita Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Aina Liza Kholiq. Di depan para kader tingkat desa hingga kecamatan yang hadir dalam kesempatan tersebut, Aina mengungkap, bahwa peringatan HKG PKK bersamaan dengan BBGRM memiliki tujuan untuk memotivasi. Juga untuk menyemangati seluruh kader.
Karena itu, dalam kesempatan tersebut, TP PKK Kabupaten juga memberikan penghargaan kepada 6 TP PKK desa dan 6 TP PKK kecamatan. Mereka berhasil meraih nilai tertinggi dalam penilaian pelaksanan 10 program pokok PKK.
TP PKK Kecamatan Sukoharjo kembali menjadi yang terbaik, mengalahkan TP PKK Garung, Wonosobo, Wadaslintang, Kalikajar, dan Kecamatan Kepil.
Sementara, di kategori desa, TP PKK Desa Karanganyar, Sukoharjo menjadi yang terbaik, setelah menyisihkan TP PKK Desa Surengede Kejajar, Jaraksari Wonosobo, Plobangan Selomerto, Pacarmulyo Leksono, dan Kumejing, Kecamatan Wadaslintang. (ali/lis)