Komik Digital untuk Pendidikan Budi Pekerti

209

SEKAYU — Banyak cara bisa dilakukan dalam mendidik anak. Salah satunya memberikan pelajaran melalui komik digital.
”Komik digital ini banyak bercerita tentang budi pekerti, cerita leluhur Indonesia dan ilmu pengetahuan,” ungkap perancang komik digital Adif Purnama saat peluncuran komik digital di Paragon Mall Semarang.
Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini mengatakan, komik digital khusus ditujukan pada anak usia sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Komik ini bisa diakses melalui komputer, laptop atau telepon pintar. Unsur-unsur pendidikan, ilmu pengetahuan serta cerita legenda yang mengangkat budi pekerti disisipkan dalam pesan cerita. ”Sehingga anak-anak dengan mudah membaca cerita bergambar dan bisa mendapat informasi serta wawasan,” jelas Adif.
Pembuatan komik ini dimulai dari penulisah naskah cerita. Selanjutnya menggambar alur cerita dan dipindai ke komputer. Proses selanjutnya adalah pewarnaa atau penintaan melalui komputer. ”Komik ini mendapat banyak sambutan positif dan merupakan terobosan baru di dunia pendidikan yang dapat membentuk karakter anak dan menambah ilmu pengetahuan,” katanya.
Salah seorang pengunjung, Evan Kurnianto senang dengan komik digital yang dirancang berisi cerita-cerita ringan, mengangkat nilai-nilai luhur kebudayaan masyarakat Indonesia dan ilmu pengetahuan. ”Ceritanya sangat mudah diterima oleh pembaca terutama anak-anak,” katanya. (hid/ton/ce1)

Tinggalkan Komentar: