Harus Menulis, Dipacu Profesional

13

DEMAK-Guru di berbagai tingkatan kini dituntut profesional. Di antaranya mampu membuat karya tulis ilmiah yang dipublikasikan.
Hal itu terungkap dalam pelatihan, pendampingan dan diseminasi penelitian tindakan (action research) yang berlangsung di ruang serba guna SMA Muhammadiyah 1 Demak, kemarin. kegiatan yang dihelat Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Demak ini diikuti sebanyak 45 guru. Mereka berasal dari kepala sekolah, guru SMP, guru SMA, dan guru SMK se-Demak.
Ketua Panitia, Suyitno, MPd mengatakan bahwa acara ini dilatarbelakangi terbitnya Permeneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. Dalam aturan itu disebutkan bahwa, unsur dan sub unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya di antaranya adalah publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal.
“Karena itu, setelah dilatih, mereka mampu menyusun laporan pelaksanaan penelitian tindakan dan karya tulis ilmiah berbasis penelitian tindakan. Dengan demikian, dalam waktu empat tahun ke depan semua peserta dapat naik pangkat satu tingkat lebih tinggi,” ujar Suyitno.
Menurutnya, dalam waktu 32 jam peserta akan mendapatkan materi seputar teori penelitian tindakan, prosedur dan sistematika penyusunan laporan PTK/PTS. “Setelah mendapatkan materi teori, dilanjutkan dengan tugas penyusunan proposal, melaksanakan kegiatan perbaikan, dan menyusan laporan,” katanya.
Ketua Majelis Dikdasmen, Juwahir menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja majelis, yakni dalam rangka pengembangan profesionalisme guru. “Walaupun diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen, tetapi kegiatan ini terbuka untuk umum,” katanya. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here