Fungsi DPRD Harus Diperkuat

22

SETELAH melewati hampir 15 tahun menjadi wail rakyat, Afif Nurhidayat akan melanjutkan perjuangan kembali sebagai anggota dewan untuk 5 tahun ke depan.
Menurut ayah satu anak ini,  ada tiga fungsi pokok DPRD, di antaranya legislator yakni pembuat aturan (Perda), kemudian fungsi anggaran dan fungsi monitoring. Untuk fungsi legislator, 15 tahun terakhir sudah berjalan. Kemudian untuk fungsi penganggaran dan monitoring harus diperkuat lagi. ”DPRD merupakan wakil rakyat yang memfilter rencana penganggaran daerah,” kata ayah dari Afidya Mega Dewanty ini.
Afif menegaskan, fungsi penganggaran pada tahun mendatang harus diperkuat lagi. Di mana DPRD harus memahami prioritas pembangunan daerah, sekaligus memahami perencanaan anggaran, sehingga proses pelaksanaan tepat waktu. ”Seperti beberapa kasus, pelaksanaan pembangunan kabupaten tidak terlaksana. Hal ini karena pada tahapan perencanaan tidak matang, tidak realistis sehingga berbagai kegiatan pembangunan tidak dilaksanakan,” kata Ketua DPC PDIP Wonosobo ini.
Menurut Afif, fungsi monitoring menjadi sangat penting. Hal ini terkait tahapan proses pembangunan, mengoreksi mutu pembangunan hingga pelaksanaan alokasi anggaran yang dilaksanakan oleh eksekutif. ”Fungsi ini menjadi sangat penting, karena mutu pembangunan sesuai perencanaan atau tidak, bisa dikoreksi oleh DPRD,” ujarnya.
Untuk itu, Afif meyakini bersama anggota DPRD Wonosobo periode 2014-2019 yang sebagian besar merupakan wajah baru, akan memperkuat ketiga fungsi DPRD, sehingga perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sesuai harapan rakyat. ”Anggota yang baru masih segar-segar, maka ketiga fungsi itu harus berjalan dengan baik. Kalau tahapan pembangunan tidak sesuai rencana, lagi-lagi yang dirugikan masyarakat,” pungkasnya. (sumali ibnu chamid/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here