35 Dinyatakan Mati Suri

143

SALATIGA—Sebanyak 35 unit dari total 200 koperasi di Kota Salatiga yang terdaftar di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Kota Salatiga dinyatakan mati suri. Kendati begitu, pemerintah kesulitan membubarkan koperasi–koperasi tersebut.
“Kami tidak bisa membubarkan karena pengurusnya tidak diketahui keberadaannya. Selain itu, sesuai ketentuan pembubaran koperasi, harus melalui berbagai mekanisme yang melibatkan anggota dan pengurus,” kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Salatiga, Sri Danudjo.
Menurutnya, tidak beroperasionalnya puluhan koperasi tersebut disebabkan berbagai faktor. Di antaranya pengelolaan manajemen yang tidak sehat. Namun ada juga yang modalnya habis lantaran digelapkan oleh oknum pengurus nakal. “Adanya oknum pengurus nakal ini, membuat manajemen menjadi tidak sehat. Dan akhirnya koperasi menjadi mati,” katanya.
Dia menyatakan, Disperindagkop dan UMKM Kota Salatiga sudah melakukan berbagai langkah untuk menyelamatkan koperasi tersebut. Namun, upaya yang dilakukan menemui jalan buntu dan persoalan tidak dapat diurai. Ini terjadi karena oknum pengurus yang membawa kabur modal usaha hingga sekarang tidak bisa dilacak keberadaannya. (sas/ida)