SALATIGA-SMK Negeri 3 Salatiga berupaya keras memajukan pertanian. Salah satunya adalah mengembangkan pohon tin, yakni pohon langka asal Timur Tengah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.
Kepala SMKN 3, Hadi Sutjipto saat ditemui wartawan menuturkan bahwa sekolah yang baru dia pimpin lima bulan itu telah mampu membiakkan pohon tin.
“Kami ingin, SMKN 3 ini menjadi sentra buah tin di Salatiga. Buah ini memiliki banyak khasiat kesehatan mulai dari daun hingga buahnya. Saat ini kami telah membiakkan secara cangkok,” jelas Hadi didampingi Ayustina Krisniati, guru setempat yang membidangi masalah produktif pertanian.
Ayustina menjelaskan, khasiat buah ini antara lain kaya kalsium. Sementara daunnya bisa bermanfaat untuk diabetes serta penderita kanker. “Rasanya seperti buah talok, tetapi tidak terlalu manis. Sementara besarnya seukuran bakso dan bila matang berwarna kuning,” terang dia.
Selain buah Tin, sekolah juga mulai membudidayakan tanaman keras seperti pohon gaharu. Pohon ini sudah ada empat yang tumbuh di sekolah. “Keistimewaan pohon ini di getah dan kayunya. Selain itu, daunnya juga sedang dikembangkan untuk rokok,” imbuh Hadi.
Pohon gaharu memang dikenal memiliki aroma wangi. Getah batang pohon ini seringkali dijadikan bahan dasar pembuatan minyak wangi. Selain itu, kayunya bisa dibuat mebel yang memiliki harga jual sangat mahal karena aromanya. “Wanginya pohon ini di atas pohon cendana. Sedangkan untuk kualitas kayunya, tidak kalah dengan pohon jati,” papar mantan kepala sekolah SMK 2 tersebut. (sas/ida)