SEKARAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali mengundang para sarjana pendidikan terbaik untuk ikut maju bersama mencerdaskan Indonesia melalui program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) Angkatan IV. Menurut staf akademik SM3T Universitas Negeri Semarang (Unnes), Indah Anisykurlillah, pendaftaran akan dibuka secara daring (online) mulai 21 Mei hingga 15 Juni 2014.

”Setelah calon peserta mendaftar, tahap berikutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (23 Juni), tes secara online (1-2 Juli), dan pengumuman hasil tes online (7 Juli 2014),” katanya beberapa waktu lalu.

Adapun program studi yang akan diterima, Pendidikan Guru PAUD, Guru Sekolah Dasar, Luar Biasa, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Pendidikan IPA. Selain itu, Pendidikan IPS, Sejarah, Geografi, Seni (Drama, Tari, Musik, Rupa/Kerajinan), Ekonomi/Akutansi, Konseling, Jasmani, Teknik Mesin/Otomotif, Bangunan, Elektro/Elektronika, dan Tata Boga/Busana/Rias.

Kepala Pusat Pengembangan PPG Unnes, Ngabiyanto, berharap akan semakin banyak lulusan Unnes yang mendaftar untuk mengikuti program ini. Menurutnya alumni yang mengikuti program ini di samping mendapat pengalaman yang luar biasa di daerah pengabdian, hal ini juga menjadi akses yang paling pasti untuk mengikuti program PPG yang menjadi kewajiban sebelum menjadi guru.

”Mereka yang memiliki jiwa mendidik ya masuk lah, lagi pula jalur di sini lebih sedikit saingan karena SM3T itu hanya yang pendidikan, di PPG nanti kalian harus bersaing dengan yang non pendidikan juga,” jelasnya. (mg1/ton/ce1)