SALATIGA – Kejuaraan bulutangkis Wali Kota Cup yang menjadi agenda Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Salatiga, kembali digelar. Sepanjang tahun 2014 event ini akan digelar dua kali dalam setahun.
Pelaksanaan periode pertama berlangsung mulai Rabu (28/5) besok, di GOR Rajawali, Jalan Perengrejo, Gendongan, Kota Salatiga. Untuk menjaring peserta dan mengakomodir minat masyarakat, kejuaraan tingkat kota atau kejurkot ini mengusung titel Kejurkot Bulutangkis Wali Kota Cup.
Ketua Panitia Kejuaraan, Joko Susilo, menguraikan, kegiatan yang didukung Djarum Foundation itu dijadwalkan selama 4 (empat) hari. Yakni, 28 Mei – 1 Juni 2014. Lokasi pertandingan masih tetap di tempat sebelumnya, di GOR Rajawali, yang juga merupakan homebase dari klub Perkumpulan Bulutangkis (PB) Rajawali Salatiga.
“Tahun ini pertandingan memakai nama baru, yakni Walikota Cup. Hal ini kami lakukan agar bersinergi dengan program pemerintah daerah. Kami juga mengharapkan, perubahan titel tersebut mendorong masyarakat Salatiga makin aktif berpartisipasi sehingga pesertanya terus meningkat,” tutur Joko, yang juga menjabat sebagai seksi pertandingan di pengurus PBSI Pengcab Kota Salatiga.
Kejuaraan bulutangkis Djarum Foundation Kejurkot Bulutangkis Walikota Cup Salatiga, merupakan program wajib yang harus dilakukan oleh pengurus PBSI Kota Salatiga. Yaitu, menggelar kejuaraan setiap tahun. Apabila periode pertama digelar bulan Mei, lanjut Joko, maka untuk periode kedua dijadwalkan berlangsung pada bulan November mendatang.
“Selain itu, kami juga akan menggelar kejuaraan khusus tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, yang merupakan program PBSI Pengprov Jateng dan Djarum Foundation. Kegiatan ini memang kami minta dilaksanakan di Kota Salatiga,” tutur pelatih PB Suya Gemilang ini.
Menurut Joko, hingga pelaksanaan technical meeting (TM) Minggu malam kemarin, tercatat ada 260 pemain yang akan berlaga. Sebagian besar para pemain itu turun mengatasnamakan klub yang menaunginya. “Di Kota Salatiga saat ini ada 10 (sepuluh) lebih perkumpulan bukutangkis (PB). Partisipasinya cukup bagus pada saat penyelenggaraan kejuaraan resmi PBSI. Mereka menurunkan atlit – atlit terbaik untuk bertanding. Mulai kategori Kelompok Umur (KU), kategori Umum maupun Veteran. “Beberapa klub pembinaan atlit muda dan rutoin mengikuti turnamen anatar lain PB Rajawali, PB Surya Gemilang dan PB Sinar Safari,” jelasnya.
Agar menampung seluruh partai pertandingan, panitia sudah menyiapkan 3 (tiga) line lapangan. Semuanya digunakan untuk babak penyisihan hingga delapan besar. Setiap hari pertandingan Djarum Foundation Kejurkot Bulutangkis Walikota Cup dilangsungkan mulai pukul 14.00 hingga selesai. Khusus hari Kamis (29/5) karena merupakan hari besar, jadwal pertandingan dimajukan mulai pukul 10 pagi. (fiq/smu)