UKSW Juara 1 Nasional Maranatha Psycompilation

42

SALATIGA—Tiga mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga berhasil meraih juara 1 dalam ajang Maranatha Psycompilation National yang digelar Universitas Kristen Maranatha Bandung, awal bulan ini. Ketiga mahasiswi ini berhasil menyisihkan 38 tim lainnya yang berasal dari 22 universitas di Indonesia.
Ketiga mahasiswi anggota tim tersebut adalah Viona Amelia Sihombing, Venty Ratnasari dan Viona Belinda Takumansang. Dengan prestasinya menyabet juara 1, ketiga mahasiswi ini memboyong tiga piala sekaligus, yakni piala dari Gubernur Jawa Barat, piala bergilir dari Dikti (Pendidikan Tingg) dan piala dari panitia disamping uang pembinaan sebesar Rp 6 juta.
“Senang pastinya karena melihat berat dan banyaknya saingan yang ada. Awalnya kita agak ragu bisa raih juara. Tapi, setelah berhasil lewati beberapa babak, kami bisa raih juara 1. Bersyukur juga pastinya,” kata Viola mewakili timnya saat ditanya tentang hasil prestasi yang dicapai.
Maranatha Psycompilation National adalah even bergengsi tahunan untuk fakultas psikologi, di mana tahun ini mengangkat tema Psy-Education for Nation. Di kompetisi ini, peserta diadu kemampuan dalam ilmu psikologinya, setidaknya kemampuan dalam 10 mata kuliah. Di antaranya adalah Psikologi Pendidikan, Psikologi Umum, Psikologi Perkembangan, Psikologi Abnormal, Psikologi Sosial dan Psikologi Industri dan Organisasi.
Di babak final, tim ini mempresentasikan masalah darurat pendidikan di Indonesia. Viona dan tim menyoroti sistem pendidikan di Indonesia, antara lain pemerataan kualitas pendidikannya dan UAN yang saat ini diterapkan.
“Kami melihat bahwa pendidikan di negara ini masih belum merata, beberapa solusi kami tawarkan seperti usaha pemerataan kualitas dan tenaga pengajar. Kami juga menyampaikan usul penghapusan UAN yang saat ini dijadikan sebagai penentu kelulusan. Masih ada standar lain untuk menentukan kelulusan,” kata Venty.
Kemenangan tim ini juga mendapat apresiasi positif dari Pembantu Rektor III UKSW Arief Sadjiarto. “Tentunya selamat untuk prestasi yang dicapai. (sas/aro)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here