Siswa SMP Lebih Rentan

106

TUGU MUDA — Para remaja yang masih duduk di bangku SMP, lebih rentan terkena bahaya rokok. Karena itu, para siswa harus didorong agar memiliki sikap positif untuk tidak mencoba perilaku yang tidak bermanfaat seperti merokok.
Karena hal itulah, Mahasiswa Udinus yang tergabung dalam Tobacco Free Community (TFC) Fakultas Kesehatan, menggelar kampanye tentang bahaya merokok kepada siswa-siswi SMP Kartini dan SMP Muhammadiyah di Semarang Sabtu (24/5) siang.
Kegiatan yang bertajuk ’Generasi Muda Tanpa Rokok Menuju Prestasi’ itu, bekerja sama dengan Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KPKTR) Semarang. Kampanye ini juga menjadi salah satu agenda peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang jatuh pada 31 Mei. ”Kami ingin menanamkan kepercayaan kepada remaja. Bahwa remaja yang keren adalah remaja yang tidak merokok,” kata Ketua Panitia Penyelenggara, Anike Diantina.
Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Muhammadiyah, Wiwik Sugiati S Pd menyambut positif kegiatan kampanye tersebut. Menurutnya, anak-anak juga perlu mendapatkan pemahaman terhadap bahaya merokok.
”Pemahaman seperti ini memang harus sedini mungkin ditanamkan, karena generasi muda itu awalnya coba-coba. Kalau tidak bisa membentengi diri, kebiasaan merokok bisa mengarah ke narkoba. Pemahaman ini penting bagi anak-anak untuk tahu dampak bahayanya,” ungkapnya. (mg1/ida/ce1)

Tinggalkan Komentar: