Gelar Perpisahan Sebelum Pengumuman Unas

TEMBALANG – Ratusan siswa dan orangtuanya terlihat memadati tempat duduk di halaman SMPN 17 Semarang, Sabtu (24/5). Mereka diundang untuk menghadiri pentas seni dalam rangka perpisahan siswa kelas IX yang sebentar lagi meninggalkan sekolah tersebut. Meski hasil ujian nasional belum diumumkan, namun pihak sekolah memilih menggelar perpisahan lebih dulu.
Ketua panitia yang juga guru PKn Suyanto, mengatakan acara perpisahan tersebut sudah diagendakan jauh-jauh hari sebelumnya. “Persiapan sudah dilakukan sejak 3 bulan yang lalu,” kata Suyanto. Menurut Suyanto, acara perpisahan dilakukan sebelum pengumuman kelulusan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.
Menurutnya acara perpisahan merupakan bentuk simbolis dari sekolah menyerahkan kembali anak didiknya kepada orangtua masing-masing siswa. “Selain itu acara ini juga menunjukkan ke orangtua masing-masing siswa bahwa selain pelajaran, putra-putri mereka juga mempunyai potensi lain,” tuturnya.
Panitia lainnya, Supriyono mengatakan, antusiasme orangtua siswa dalam mengikuti acara perpisahan ini juga sangat baik. “Luar biasa. Dari 800 kursi untuk orangtua siswa yang kami sediakan, semua terisi,” kata Supriyono.
Sebanyak 269 siswa kelas IX yang sebentar lagi akan menerima pengumuman kelulusan, katanya, juga terlihat antusias. Kolaborasi siswa kelas VII, VIII, IX dan bintang tamu mampu menghibur tamu undangan. Mereka menampilkan berbagai karya kreasi siswa, antara lain seni tari, seni musik, karawitan, opera punakawan, dan peragaan busana. “Kami optimistis siswa kami lulus 100 pesen,” kata Supriyono. (mg1/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here