BARUSARI – Nasib apes dialami Cristiyan Dedi, 26, warga Krobokan, Semarang Barat. Betapa Ia mengaku tertipu ketika membeli tiket pesawat senilai Rp 5,5 juta. Modusnya pelaku mengaku direktur keuangan perusahaan tempat ia bekerja dan meminta dibelikan tiket pesawat. Merasa ditipu, akhirnya Dedi melaporkan kasus yang dialaminya ke Mapolrestabes Semarang. Ia melaporkan seorang lelaki mengaku bernama Feri.
Insiden penipuan itu terjadi Senin (19/5) lalu. Saat itu korban mendapat panggilan telepon dari seseorang yang mengaku bernama Feri dengan nomor ponsel 081289587444. Dalam obrolan singkat, sang penelepon meminta untuk dibelikan tiket pesawat Garuda, tujuan Semarang-Jakarta. “Bilangnya direktur keuangan minta dibelikan tiket pesawat mendadak,” akunya saat melapor.
Dedi tanpa meneliti ulang langsung mentransfer sejumlah uang sesuai permintaan Feri ke nomor rekening bank yang diberikan pelaku. Setelah ia mengirim, Dedi pun menunggu kabar jawaban bahwa uang sudah ditransfer. “Tapi tidak ada kabar,” imbuhnya.
Beberapa jam kemudian, Dedi kaget bukan kepalang saat mendapat kabar jika sang direktur tidak memerintahkan membeli tiket pesawat. Kontan saja, sembari ketakutan, ia berusaha menghubungi nomor milik Feri. “Tapi nomornya sudah tidak aktif. Sudah berkali-kali dicoba,” tambahnya.
Saat itulah, Dedi baru sadar jika menjadi korban penipuan. Setelah semua usaha untuk mendapatkan kembali uangnya gagal, akhirnya ia memilih melaporkan kejadian itu ke Mapolrestabes Semarang. Dedi hanya berharap uang kembali dan pelaku bisa mendapat hukuman setimpal. Kasus penipuan ini masih dalam penyelidikan Satreskrim Polrestabes Semarang. (fth/ton)