Anggota FKDM Telik Sandi Wali Kota

122

SALATIGA — Anggota dan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Salatiga harus memberikan informasi yang benar dan valid kepada wali kota. Jika ada pembangunan atau kebijakan yang tidak tepat, berarti informasi yang diberikan salah.
Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Muthoin, saat rapat koordinasi FKDM di ruang sidang II Pemkot, kemarin. Kegiatan yang diikuti 84 peserta. Terdiri atas lurah, camat, kepala seksi pemerintahan di tiap kelurahan, TNI, dan Polri.
Ada tiga pembicara yang dihadirkan. Yaitu, Kepala Kesbangpol Muthoin, Kapten (Inf) Mulya Budi selaku Pasi Intel Kodim 0714 Salatiga; dan AKP Suparji  Kasat Intel Polres Salatiga.
Muthoin menjabarkan bahwa FKDM merupakan telik sandi wali kota dalam menyerap ide dan usulan masyarakat. ”Jika masyarakat memberikan usulan atau ide dan kita meneruskan kepada wali kota dan bisa terwujud, maka masyarakat akan senang. Namun, jika kita mendiamkan ide masyarakat, maka mereka menjadi enggan memberikan ide lagi. Atau, dengan kalimat lain, mereka menjadi acuh atas apa yang terjadi di wilayahnya,” kata Muthoin mencontohkan.
Dikatakan, FKDM baru terbentuk pada 2011 dan baru di tingkat kota. ”Kita harus rajin memberikan laporan kepada wali kota atas apa yang terjadi di masyarakat.” (sas/isk/ce1)