TEMANGGUNG–Tim panitia ujian sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, telah menyelesaikan scanning lembar jawab soal ujian sekolah (US) tingkat sekolah dasar. Usai merampungkan proses ini, selanjutnya lembar jawaban tersebut akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk dikoreksi. Di Jawa Tengah, Temanggung mendapat urutan kedua tercepat setelah Kabupaten Boyolali dalam proses ini.
“Siang ini (kemarin) kami telah menyelesaikan scanning lembar jawab soal US dari 596 SD/MI untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi Jateng yang nantinya akan dilakukan penilaian di sana,” kata Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Surip Iriyanto.
Ia mengatakan, lembar jawab US yang dilakukan scanning adalah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. Mata pelajaran tersebut 25 persen dibuat oleh pusat dan 75 persen dari provinsi. “Kami hanya melakukan scanning, sedangkan penilaian ketiga mata pelajaran tersebut di tingkat provinsi,” katanya.
Ia menuturkan, seharusnya panitia bisa menyelesaikan scanning lebih cepat, namun karena satu dari dua scanner yang ada mengalami kerusakan sehingga scanning baru selesai siang kemarin. “Meskipun ada satu scanner yang rusak, berdasarkan pantauan dari sistem online yang ada kami masih menempati urutan kedua dalam menyelesaikan scanning setelah Kabupaten Boyolali,” katanya.
Ia mengatakan, US tingkat SD berlangsung selama enam hari. Pada tiga hari pertama dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan IPA soal dibuat oleh pusat dan provinsi, sedangkan pada tiga hari kedua berupa mata pelajaran pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, IPS, seni budaya, keterampilan, dan pendidikan kesehatan jasmani, pembuatan soal diserahakn pada satuan pendidikan.  
Menurut dia, dari sebanyak 11.891 peserta US, terdapat enam anak tidak mengikuti US. Empat di antaranya karena sakit sedangkan satu meninggal sebelum pelaksanaan ujian dan satu  anak ikut orang tuanya pindah domisili. (zah/lis)