Pemkab Temanggung Didesak Tertibkan PKL

TEMANGGUNG–DPRD Temanggung mendesak agar Pemkab Temanggung segera melakukan langkah penertiban terhadap ruas bahu jalan, yang digunakan untuk aktivitas perdagangan. Hal tersebut dinilai akan mengganggu arus kelancaran lalu lintas dan mengganggu keindahan kota. Untuk itu, Pemkab didesak untuk melakukan penertiban secara menyeluruh, tidak hanya fokus pada satu titik.
Politisi PAN DPRD Temanggung, Erda Wachyudi mengatakan DPRD telah menganggarkan secara khusus untuk proses penertiban tersebut. “Ini mengganggu arus lalu lintas, baik yang di trotoar maupun di tepi badan jalan,” katanya.
Ia mengatakan, potensi kecelakaan lalu lintas dan gangguan kelancaran arus lalu lintas sangat berpengaruh terhadap para pedagang tersebut. Dengan adanya pedagang mengurangi panjang lebar jalan raya sehingga kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati. “Harus ditertibkan seluruhnya, jangan konsentrasi pada titik tertentu saja,” imbau Ketua Badan Kehormatan ini.
Ditambahkan, dalam melakukan penertiban tidak boleh dilakukan hanya pada satu titik, tetapi mengabaikan titik yang lainnya. Sebab, dengan mengabaikan titik lain, maka akan timbul kecemburuan antarpedagang dan rawan terjadi benturan horizontal. “Tidak hanya di pasar saja, tetapi juga di tempat lainnya, termasuk yang dijalan raya,” tandas Ketua Komisi D ini.
Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi, mengatakan mengaku telah melakukan penertiban pada sejumlah titik terkait dengan keberadaan pedagang kaki lima (PKL), baik di pasar mapun di tempat umum. Namun, sebagian besar pedagang kembali berjaja. “Kita sudah melakukan penertiban. Tetapi kami akan lebih baik melakukan penertiban ke depannya,” tandasnya. (zah/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here