Pemilih Tambah 300 Ribu

159

RANDUSARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng menyatakan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 bertambah. ”Dari data yang kami peroleh dari Kementerian Dalam Negeri, di Jateng ada penambahan DPS sekitar 300.000 orang pada pilpres mendatang,” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo. Berdasarkan data dari Kemendagri jumlah DPS pilpres di Jateng tercatat sebanyak 27.439.293 orang. Sedangkan pada Pileg 9 April 2014 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jateng tercatat sebanyak 27.126.061 orang.
Penambahan DPS ini, lanjutnya berasal dari para calon pemilih yang pada pileg lalu belum mempunyai hak pilih, tapi pada pilpres 9 Juli mendatang sudah mencoblos. ”Jumlah DPS ini kemungkinan dapat berkurang, tapi bisa pula bertambah saat ditetapkan menjadi DPT,” tandasnya. Jumlah pemilih dapat berkurang karena meninggal dunia, pindah alamat ke luar provinsi, serta warga Jateng yang bekerja di luar provinsi (boro) tidak pulang.
Jumlah dapat bertambah bila ada warga yang sebelumnya tidak terdaftar di DPS, namun pada bulan Juni telah berusia 17 tahun atau menikah, ada warga dari luar provinsi pindah ke Jateng. ”Untuk itu kami meminta kepada masyarakat supaya mencermati dan memberikan masukan terhadap DPS sebelum ditetapkan menjadi DPT,” harapnya.
Sementara, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo menilai penyusunan DPS belum maksimal. Sebab PPS tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang data pemutakhiran pemilih pilpres. (ric/ton/ce1)