Sampah Pasar Menumpuk

131

DADAPSARI — Meskipun sampah di Pasar Purwogondo Kelurahan Dadapsari Kecamatan Semarang Utara diambil tiap harinya, namun sejumlah pedagang mengeluhkan sampah yang menumpuk. Banyak sampah yang berserakan di luar kontainer sampah.
Salah satu pedagang, Eko Siswanto mengatakan, selain sampah dari pedagang, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di tepi Jalan Peres ini juga digunakan warga sekitar. Banyak yang tidak membuang sampah ke dalam kontainer, tetapi hanya ditumpuk di luar kontainer.
”Mereka dengan membawa sepeda motor lewat langsung melempar sampah dan tidak dimasukkan ke dalam kontainer,” ungkapnya.
Eko berharap agar para warga yang membuang sampah juga ikut memperhatikan kebersihan TPS. ”Jadi boleh saja warga membuang di sini, tapi jangan di luar kontainer,” ungkapnya.
Yayuk, pedagang sembako yang mengatakan, tiap hari pedagang membayar uang retribusi kebersihan. ”Ada petugas sendiri biar pasar menjadi bersih,” katanya. Salah satu pembeli, Nur Cahyani mengaku sangat terganggu dengan kondisi pasar yang kotor karena tidak nyaman bagi pembeli.
Sementara itu, Seklur Dadapsari Joni J. Ganif mengatakan, ada dua TPS di Kelurahan Dadapsari, satu di antaranya berada di Pasar Purwogondo. ”Memang dikhususkan untuk pedagang agar kondisi pasar tetap bersih. Sedangkan untuk penambahan kontainer belum ada rencana karena lokasinya sempit,” katanya. (hid/ton/ce1)

Tinggalkan Komentar: