SEMARANG –  Kelompok  pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla, Rakyate Rakyate Jokowi-JK dideklarasikan di Wisma Mahasiswa Driyarkara Jalan Dr Cipto No 238 Semarang, Rabu (21/5) sore.
Rakyate Jokowi-JK adalah kepanjangan Gerakan Rakyat Teman Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Rakyate Jokowi-JK saat ini beranggotakan empat kelompok, yaitu Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jateng, Alumni GMNI Fakultas Kedokteran Undip, Komunitas Medik Katolik, dan Asosiasi Pengusaha Nasionalis Semarang. 
Deklarasi diiringi dengan nyanyian lagu ‘Indonesia Hebat’ ciptaan dr Agung Sudarmanto, salah satu dokter RS Telogorejo Semarang, yang merupakan salah satu insiator Rakyate Jokowi-JK.
Agung yang didaulat untuk membacakan deklarasi mengatakan, ia mendukung pasangan Jokowi-JK, karena Jokowi adalah capres dengan konsep paradigma baru pemerintahan. Koalisi yang dibangun PDIP-Nasdem-PKB-Hanura, tersusun bukan hasil transaksi atau bagi-bagi kekuasaan. Tapi mengedepankan profesionalitas untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat.
“Soal revolusi mental yang dicanangkan Pak Jokowi adalah “kunci emas”. Dan itu membuat saya terpanggil untuk mendukungnya,” katanya.
Sementara, Prof Sugiri yang mewakili Alumni GMNI Fakultas Kedokteran Undip mengatakan, di tengah rusaknya kondisi bangsa ini, ia teringat akan ramalan kemunculan Satrio Piningit dan Putri Domas. Ia menyebut bahwa Jokowi adalah sang Satrio Piningit sedangkan Megawati adalah representasi Putri Domas. (saf/jpnn/ton)