Ragukan Selesai Tepat Waktu

140

JEPARA – Tanda-tanda pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Karimunjawa belum dimulai. Calon lokasi PLTG Karimunjawa di Dukuh Telaga, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa.
Lahan yang dibebaskan berdekatan dengan Pelabuhan Legonbajak seluas 7.362 meter persegi. Namun pantauan dari Jawa Pos Radar Kudus, lahan tersebut masih berupa lebat dengan pepohonan. Kendati pembebasan telah dibebaskan sekitar tiga bulan lalu, namun pembukaan lahan belum dilakukan. Sedangkan di banyak titik sudah mulai dipasang tiang-tiang listrik.
Ngatmin, warga RT 3 RW 3 Dukuh Telaga, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, mengaku sangsi pembangunan PLTG dapat selesai tepat waktu yang direncanakan. Pembangunan PLTGU ini direncanakan selesai Agustus 2014.
”Melihat calon lokasi yang belum ada tanda-tanda mulai dibangun, target selesai kemungkinan molor dari waktu yang telah ditetapkan,” tandas Ngatmin kemarin.
Dia menambahkan, masalah masyarakat Karimunjawa hanya dua hal. Yakni ketersediaan listrik dan jaringan atau sinyal komunikasi. Untuk pasokan listrik, ia mengaku hanya mendapatkan enam jam.
Direncanakan, dengan pendirian PLTG Karimunjawa ini, persoalan listrik dapat tertangani karena listrik bakal mengalir sepanjang 24 jam. Harapan besar masyarakat pulau, katanya, terjaminnya kebutuhan listrik.
Ia juga mengaku sulit berkomunikasi dengan keluarganya di Kecamatan Kedung Jepara. Untuk melakukan proses komunikasi, harus menuju Desa Karimunjawa yang berlokasi di balik bukit. Jarak yang ditempuh hingga puluhan kilometer dari dukuhnya. (him/lil/aro)