Pendidikan Karakter Solusi Masalah Bangsa

10

MUGAS – Korupsi, kriminalitas, peredaran narkoba ataupun konflik sosial merupakan persoalan yang harus direspons secara serius. Pendidikan adalah salah satu hal yang paling penting agar persoalan bangsa tersebut dapat diminimalisir. Kemerosotan nilai-nilai itu terjadi karena adanya pergeseran nilai sosial.
”Kita harus selalu ingat pendiri bangsa Bung Karno, bangsa kita akan menjadi bangsa kuli jika bangsa ini tidak dibangun dengan pendidikan berkarakter, khususnya bagaimana menerapkan sila-sila dalam Pancasila,” kata Rektor Universitas Stikubank (Unisbank Semarang), Hasan Abdul Rozak dalam seminar bertajuk ’Implementasi Pendidikan Berkarakter di Perguruan Tinggi’ di kampus Mugas, Rabu (21/5).
Menurutnya, pendidikan tidak hanya mengajarkan sila-sila dalam Pancasila, tetapi juga harus mendorong mahasiswa melakukan tindakan yang sesuai dengan jiwa Pancasila. Terdapat 3 hal terkait pendidikan berkarakter yang harus dilakukan. Pertama pendidikan karakter yang menumbuhkan kesadaran sebagai makhluk Tuhan. Kedua pendidikan karakter yang terkait dengan keilmuan, ”Dan ketiga, pendidikan karakter yang menumbuhkan rasa cinta dan bangga menjadi orang Indonesia,” jelasnya.
Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Iriyanto Widisuseno mengatakan pendidikan karakter harus dipahami sebagai sebuah proses penanaman nilai, setidaknya memerlukan tahapan langkah, dan waktu yang panjang. ”Perlu strategi pembelajaran dengan menempatkan Pancasila sebagai kerangka filosofi, khususnya visi dan orientasi pendidikan karakter,” katanya. (mg1/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here