Layanan Domestik Dongkrak Bongkar Muat TPKS

7

SEMARANG – Kegiatan bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mengalami kenaikan sebesar 23 persen di caturwulan pertama ini. Hal tersebut seiring dengan dibukanya pelayanan domestik.
General Manager TPKS Iwan Sabatini mengatakan, di caturwulan pertama ini pihaknya sudah melakukan bongkar muat sekitar 192.047 TEU’s. Sedangkan di caturwulan pertama tahun 2013 yang lalu kurang lebih 153.249 TEU’s. ”Pada tahun lalu kita belum buka pelayanan domestik. Sehingga pelayanan ini menjadi salah satu faktor meningkatnya angka tersebut,” ujarnya, kemarin.
Bila dirinci, ucapnya, khusus untuk pelayanan domestik bongkar muat per bulannya bisa menyentuh angka 2.000 TEU’s. Selama empat bulan ini setidaknya sudah mencapai 9.000 TEU’s.
Menurutnya, pelayanan domestik ini sangat potensial untuk digarap. Sebelumnya pihaknya lebih fokus pada handling (bongkar muat) untuk pengiriman internasional. Padahal dermaga pada hari Minggu, Senin dan Selasa biasanya tidak digunakan untuk pengiriman internasional. ”Kami ingin memaksimalkan kekosongan dermaga ini melalui pelayanan domestik,” ujarnya.
Kondisi ini, lanjutnya, disambut baik oleh industri maupun pelayaran. Termasuk juga adanya potongan tarif sebesar 40 persen hingga waktu yang tidak ditentukan. Hal ini yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk melakukan pengiriman produksi. Kendati demikian, sejauh ini pelayanan TPKS untuk domestik dengan pengiriman dari dan ke Semarang baru di tiga kota. Yaitu Jakarta, Kumai, dan Banjarmasin. (dna/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here