Cermati Produk dengan Label SNI

31

SEMARANG – Kementerian Perdagangan RI terus mengawasi peredaran produk yang tidak mencantumkan label Standar Nasional Indonesia (SNI). Kendati demikian, masyarakat juga diminta turut mencermati bila terdapat kejanggalan pada produk yang dibubuhi label SNI.
Saat ini, masih ada produk yang nekat mencantumkan label SNI tetapi secara sebenarnya kualitas produk tersebut belum memenuhi standar. Hal itu merupakan pelanggaran dan bisa masuk dalam ranah kriminal. ”Karena itu kami bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan terus melakukan pengawasan atas praktik tersebut,” ungkap Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kemendag, Widodo, kemarin.
Dia mengatakan, hingga saat ini terdapat 117 produk yang wajib mencantumkan label SNI. Mulai dari elektronik hingga garam. Sedangkan produk yang wajib mencantumkan petunjuk berbahasa Indonesia ada 127 jenis mulai elektronik, mainan anak hingga pakaian bayi. Pencantuman label SNI tersebut agar keselamatan, keamanan, dan kesehatan konsumen dilindungi.
Lebih jauh Widodo berharap masyarakat dapat menjadi konsumen yang cerdas. Dengan mencermati barang sebelum membeli. Yakni dengan memeriksa produk berlabel SNI tetapi bukan dari nomor registrasi yang tertera di barang tersebut. ”Jika hanya bertulis SNI tapi tidak ada nomor registrasi maka bisa langsung komplain kepada toko atau penjual. Demikian halnya dengan barang yang berlabel SNI tetapi kualitas produk tidak memenuhi standar,” jelasnya.
Konsumen, lanjutnya, berhak atas informasi yang jujur dan benar. Jangan sampai mereka tidak tahu, apalagi dalam waktu dekat akan menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN di mana banyak produk luar negeri yang beredar di Indonesia.
Terpisah, ritel perkakas ACE Hardware mengaku sudah sejak 2012 lalu sudah menerapkan aturan SNI dan menyertakan petunjuk pemakaian berbahasa Indonesia pada setiap produk yang dijual. ”Sebagian besar produk yang kami jual memang buatan luar negeri, tetapi sudah disertai petunjuk pemakaian bahasa Indonesia dan berlabel SNI,” kata Deputy Store Manager ACE Hardware Semarang Vijay Wijayanto, kemarin. (dna/smu/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here