DEMAK—Ratusan buruh PT Delta di Desa Batu, Kecamatan Karangtengah, kemarin, berunjuk rasa. Pekerja garmen tersebut mogok kerja untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai buruh.
Membentangkan berbagai spanduk, mereka menuntut pihak manajemen menghapuskan sistem kerja kontrak, dan meminta realisasi segala bentuk cuti atau libur kerja. Termasuk, cuti hamil. Saat ada cuti hamil, hak buruh hendaknya tetap dibayarkan.
Koordinator lapangan, Bayu Prasetyo mengatakan, ada sekitar 4.900 buruh dari shif I yang mogok kerja serta berdemo. Mereka berasal dari berbagai departemen.
“Jika tidak ada penyelesaian, kita akan demo terus,” katanya. Aparat kepolisian tampak berjaga-jaga di sekitar pintu gerbang masuk PT Delta.
Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Demak, Agus Makmun mengungkap, unjukrasa dan mogok kerja terpaksa dilakukan karena buruh sedang berjuang menuntut hak-hak normatif mereka. “Kita dampingi supaya hak yang diperjuangkan teman-teman buruh ini dapat direalisasi pihak perusahaan.” (hib/isk)