SEMARANG – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), akhir pekan lalu resmi memperkenalkan produk motor berjenis sport terbarunya yakni Yamaha YZF R15. Untuk Jateng-DIJ, produk baru ini digadang-gadang bisa menguasai 55 persen pasar kelas motor sport.
Koordinator Sales DDS3 Semarang, Larry Asnan Partiya mengatakan, mengusung mesin kapasitas 150 cc dengan 6 percepatan, motor yang dibanderol dengan harga Rp 28,5 juta (OTR) ini dilengkapi dengan vitur canggih lainnya khas motor sport.
Respons pasar menurutnya sangat positif. Setelah diperkenalkan di Indonesia pada 15 April lalu dalam waktu 23 jam sudah dipesan sebanyak 1.500 unit motor. ”Sebanyak 240 pemesan adalah warga Jateng dan DIJ,” paparnya di sela-sela launching Yamaha YZF R15, di Atrium Mall Ciputra Semarang.
Setelah di-launching di Semarang, untuk Jateng dan DIJ pihaknya menargetkan bisa menjual 1.000 unit motor Yamaha R 15 setiap bulannya, dengan proses indent sekitar dua minggu. ”Untuk Jateng-DIJ kami mendapatkan pasokan sekitar 800-1.000 bulan, saat ini kami masih melayani kebutuhan pembelian selama bulan lalu. Sehingga yang pesan pada bulan Mei ini setidaknya harus menunggu selama 2 minggu,” ungkapnya.
Pembelian motor ini tidak bisa dilakukan di sembarang diler Yamaha. Penjualan hanya pada diler berlogo RShop saja, yang menjadi kriteria Yamaha terkait kesiapan layanan purna jualnya. ”Di Jateng dan DIJ ada sekitar 250 diler, tapi yang sudah memenuhi kriteria RShop sebanyak 149 diler, itulah diler yang boleh menjual motor ini,” ucapnya. (den/smu)