MUNGKID– Angka korban meninggal laka lantas di wilayah hukum Polres Magelang masih tinggi meski jumlahnya cenderung turun. Untuk terus menekan angka pelanggaran dan laka lantas Polres Magelang menyiapkan operasi simpatik.
Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono mengatakan kecelakaan lalu lintas pada triwulan pertama 2014 turun 12 kasus dibanding triwulan keempat 2013.       
“Korban meninggal akibat laka juga turun 10 korban. Akhir 2013 ada 35 korban meninggal sedang triwulan pertama 2014 25 korban. Ini berarti ada penurunan korban laka 28 persen. Kita harapkan angka kecelakaan dan jumlah korban terus berkurang,” kata dia usai gelar pasukan Operasi Simpatik di Mapolres Magelang, kemarin.     
Operasi Simpatik akan digelar 19 Mei-8 Juni. “Lewat operasi ini kami ingin menekan angka kecelakaan lalu lintas agar terwujud kondisi lalu lintas yang aman dan tertib,” kata dia didampingi Kasatlantas AKP Jamal Alam.     
Apalagi, kata dia, jumlah pelanggaran lalu lintas meningkat. Pada tri wulan tahun lalu ada 5.952 pelanggaran lalu lintas. Kemudian naik di triwulan 2014 sebanyak sebanyak 12.203 kasus. Melalui operasi ini, kata kapolres angka laka dan pelanggaran bisa ditekan.    
Kasatlantas menambahkan kepada seluruh pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas. “Mulai surat-surat kendaraan hingga kelengkapan kendaraan,” harap dia. (vie/lis)