Rekor Peserta Terbanyak dalam Satu Lokasi

120

SIMPANGLIMA—Sebanyak 177 tim dari seluruh Kelurahan di 16 Kecamatan se-Kota Semarang, Sabtu (17/5) mengikuti kompetisi voli yang berlangsung di Lapangan Simpanglima Semarang. Kompetisi voli ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai rekor ke-6.487.
Senior Manager Muri Paulus Pangka mengatakan kompetisi di Semarang ini tercatat di Muri sebagai kompetisi voli dengan jumlah peserta terbanyak dalam satu lokasi. Terdapat 20 lapangan voli yang dibuat di Simpanglima untuk menyelenggarakan seluruh pertandingan. “Sebelumnya kompetisi ini sudah dilakukan di Kota Malang dengan peserta hanya 30 tim dan 15 lapangan, tetapi digelar tidak dalam satu lokasi,” kata Paulus.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, kompetisi antarkelurahan yang diikuti 177 tim menunjukkan keguyuban warga. Ia berharap kondisi ini bisa terus berjalan sehingga tercipta suasa harmonis antarwarga. “Sehingga akan tercipta keselarasan dalam mewujudkan cita-cita membangun Kota Semarang,” ungkap pejabat yang akrab disapa Hendi ini.
Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Semarang Yudi Mardiana mengatakan, dalam kegiatan ini panitia telah menyiapkan 20 lapangan. Kompetisi ditandai dengan servis bola pertama yang dilakukan oleh Wali Kota. “Dengan banyaknya lapangan ini tentunya dapat selesai dengan cepat, selain itu dapat mencari bibit baru,” katanya.
Dalam lomba voli ini, katanya, panitia melakukan verifikasi ketat terhadap peserta. Harus dipastikan anggota tim merupakan warga yang tinggak di kelurahan tersebut. “Jadi verifikasi tersebut dibuktikan dengan KTP, bukan pemain bon dari daerah lain,” katanya.
Kompetisi ini benar-benar mendapat sambutan meriah dari warga Semarang. Berbondong-bondong mereka hadir di Simpanglima untuk menyemangati tim kelurahan masing-masing. Berbagai yel-yel maupun teriakan penyemangat selalu terdengar bersahut-sahutan dari 20 lapangan di tengah Simpanglima.
Ketua RW IV Kelurahan Bojongsalaman Sugiyanto termasuk salah satu warga yang hadir untuk menyemangati tim Bojongsalaman. Ia mengaku senang dengan kegiatan ini, karena mampu mengakrabkan warga. Tak hanya warga dalam satu kelurahan, tapi juga warga dari kelurahan lain. “Diharapkan juga kegiatan ini bisa mendapatkan bibit-bibit pemain voli baru,” katanya. (hid/ton)