Perlu Survei Kepuasan Pelayanan

129

TEMANGGUNG–Untuk mengukur tingkat keberhasilan layanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Temanggung terhadap masyarakatnya, pemerintah dirasa perlu melakukan survei. Survei difokuskan pada seluruh bidang pelayanan. Hasil survei tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu titik pijak peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.
Wakil Ketua DPRD Temanggung, Tunggul Purnomo, mengatakan survei kepuasan pelanggan diperlukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Sejauh ini, Pemkab belum melakukan survei tersebut sehingga tidak dapat mengetahui tingkat keberhasilan pelayanan. “Dengan melakukan survei, maka akan diketahui kekurangan dan kelebihannya,” katanya.
Hal tersebut disampaikan dalam pandangan umum Fraksi Golkar menyikapi Laporan Pertanggungjawaban Bupati Temanggung tahun 2013. Melalui survei itu pula pada tahun sebelumnya dapat diketahui kelemahan sehingga pada tahun berikut dapat ditutupi melalui optimalisasi sistem yang masih kurang.
“Sisi baiknya, setelah layanan tahun lalu diketahui bidang yang belum optimal, maka akan dapat dioptimalkan pada tahun berikut. Sehingga pada tahun depan dan berjalan lebih baik. Tentu tanpa mengurangi pelayanan yang sudah baik,” terangnya.
Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi mengaku sebenarnya telah melakukan survei sebagaimana yang dimaksudkan oleh Fraksi Golkar. Namun, survei tersebut belum dilakukan secara keseluruhan semua bidang layanan. “Kita sudah melakukan survei untuk pelayanan perizinan dan kesehatan,” katanya.
Survei tersebut telah dilaksanakan pada periode Bupati Hasyim Afandi. Salah satu rekomendasi dari perizinan dan kesehatan adalah upaya peningkatan pelayanan bidang kesehatan sehingga dapat diakses oleh semua pihak. “Kita upayakan akan melakukan survei kembali,” tandasnya. (zah/lis)

Tinggalkan Komentar: