Festival Yanbu’a Meriah

161

WONOSOBO – Sedikitnya 4800 santri, ustad dan ustadzah TPQ dengan metode Yanbu’a mengikuti karnaval, yang diadakan oleh Lajnah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Kabupaten Wonosobo. Karnaval sebagai puncak festival yang dihelat sejak Maret lalu.
 Karnaval para santri ini, melalui rute dari halaman Sasana Adipura  Kencana menuju Jalan Angkatan 45, Taman Plaza, Jalan A. Yani, alun-alun dan kembali ke halaman Adipura. Berbagai kegiatan dilaksanakan pada Festival Yanbu’a 2014 ini, selain karnaval juga lomba-lomba (musabaqoh), pameran seni, seminar (halaqah) dan wisata qurani.
Koordinator LMY Kabupaten Wonosobo Ahmad Muzan Al Ramly mengatakan, Yanbu’a adalah metode membaca, menulis dan menghafal Alquran dengan cara mengembalikan dan mengaji Alquran sebagaimana yang diajarkan ulama-ulama terdahulu.
“Diharapkan dengan adanya Festival Yanbu’a anak-anak santri lebih semangat lagi mengkaji Alquran, meningkatkan kualitas ustad dan ustadzah melalui halaqah, wali santri senantiasa membimbing anak-anaknya mendalami Alquran,”katanya. 
Ahmad Muzan juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Adipura ini, merupakan puncak dari Festival Yanbu’a 2014 yang diadakan oleh LMY Kabupaten Wonosobo. Sejumlah kegiatan digelar, meliputi halaqah yang diikuti oleh 300 ustad dan ustadzah, bertujuan untuk meningkatkan kualitas ustad ustadzah dan kajian ilmu qiroah, dengan narasumber KH. M. Ulil Albab Al Khafidz dari pondok pesantren Yanbuul Qur’an Kudus.
“Narasubernya merupakan pengarang kitab-kitab Yanbu’a, yang menyampaikan masalah qiroah Sab’ah terutama bacaan Imam Hafesh An ‘ashim dan ‘ulumul Quran,” terangnya.
Dikatakan Muzan, untuk lomba-lomba (musabaqoh) dan pameran seni telah dilaksanakan pada Maret 2014 bertempat di komplek Masjid Al Manshur Kauman Wonosobo, dengan 27 cabang perlombaan. Di antaranya karya ilmiah Alquran, tilawatil Quran, syarkhil Quran dan fahmid Quran, dengan peserta sebanyak 1200 orang, dari 150 lembaga yang menggunakan metode Yanbu’a di Kabupaten Wonosobo, baik pondok pesantren, TPQ maupun madrasah diniyah.
“Festival Yanbu’a ini merupakan agenda tahunan dari LMY Kabupaten Wonosobo. Tahun 2014 ini merupakan tahun ke-7 Festival Yanbu’a,”pungkasnya. (ali/lis)