DPS Pilpres Alami Lonjakan

139

SALATIGA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga mengumumkan bahwa daftar pemilih sementara (DPS) untuk pilpres 9 Juli mendatang, mengalami kenaikan cukup drastis. Dibanding daftar pemilih tetap (DPT) pemilu legislatif sebanyak 127.900 pemilih, kini menjadi 129.897 orang pemilih.
Kenaikan DPT, diketahui dalam proses verifikasi DPS hasil pemutakhiran dalam rapat pleno KPU Salatiga, akhir pekan lalu. DPS yang diumumkan, merupakan gabungan dari DPT pada pileg 9 April lalu dan data tambahan pemilih pemula.
”Dalam hal ini, warga kembali diberi kesempatan untuk mengoreksi atau memberikan masukan mengenai data untuk kemudian dijadikan dasar bagi KPU menerbitkan data pemilih hasil perbaikan,” kata anggota KPUD Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Pengembangan Organisasi SDM dan Umum Rumah Tangga, Syaemuri Albab. Berdasarkan jadwal tahapan pilpres, DPT pilpres akan diumumkan pada Juni.
Dikatakan, penambahan DPT pilpres didominasi kehadiran pemilih pemula. Penambahan DPT tersebut, seluruhnya berasal dari kelompok pemilih pemula, yang pada saat coblosan pilpres 9 Juli mendatang, telah berusia 17 tahun atau lebih.
Syaemuri menuturkan, jumlah DPS pilpres, kemungkinan bisa bertambah dengan jumlah daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) pileg 2014. Nantinya, mahasiswa yang berada di Salatiga, juga akan diupayakan bisa memilih. ”Kendati demikian, pasca penetapan DPS pilpres nanti, DPK dan DPKTb akan disusulkan.”
Meski jumlah DPT pilpres mengalami peningkatan, tapi jumlah TPS tidak berubah. Artinya, masih seperti pileg lalu, yaitu 386 TPS. Per TPS boleh diisi maksimal 800 pemilih. (sas/isk/ce1)