Ajak Ansor Jaga Toleransi Jateng

123

WONOSOBO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak Gerakan Pemuda (GP) Ansor untuk membantu merawat kondusifitas Jawa Tengah lebih aman. Para kader organisasi badan otonom NU itu, diajak terlibat dalam proses pembangunan Jateng, karena dinilai merupakan organisasi pemuda terbesar di Jateng.
“Mari kita ciptakan Jawa Tengah yang asyik, lebih toleran. Karena karakter NU yang sangat kuat di Jateng, sangat bisa didekatkan kondisi lokal yang ada,”kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Konferensi Wilayah GP Ansor Jawa Tengah di Universitas Sains Alquran (Unsiq) Wonosobo (17/5) Sabtu lalu.
Dalam acara itu, Ganjar berkisah saat perjalanan dari wilayah Banyumas ke Wonosobo. di tengah jalan dia melihat spanduk besar di tepi jalan raya yang tertuang tulisan : Indonesia milik Allah, demokrasi harus ganti dengan khilafah.
“Nah, ini bisa menjadi pemikiran bersama GP Ansor Jawa Tengah, bagaimana itu,” kata Ganjar, disambut tepuk tangan.
Menurutnya ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan, Ansor bersama pemerintah di antaranya melalui pendekatan kultural seni budaya dan salawat.
“Saya sudah pernah rasan dengan kiai NU, bagaimana kalau kita gelar salawat keliling Jawa Tengah. GP Ansor harus membantu. Kalau tidak membantu GP (Ganjar Pranowo, Red) nya bisa hilang,” kata Ganjar disambut tertawa hadirin.
Sementara itu, Konferensi Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah, memilih Ikhwanudin sebagai ketua umum untuk periode 2014-2018. Ikhwanudin yang juga merupakan komisioner KPU Jawa Tengah, terpilih melalui pemilihan langsung oleh perwakilan pengurus Ansor tingkat kabupaten dan kecamatan di Jawa Tengah.
Ada tiga calon yang dipilih, meliputi Anom Guritno, Ikhwanudin dan Ulil Archam. Dari hasil pemilihan Ikhwanudin unggul mendapatkan 153 suara, kemudian Ulil Archam 101 suara, terakhir Anom Guritno mendapatkan 37 suara.
Sesusai terpilih Ikhwanudin mengatakan, bahwa terpilihnya dia sebagai ketua merupakan kemenangan bersama GP Ansor Jawa Tengah untuk menata barisan melakukan sejumlah program. Dia berkomitmen selama empat tahun ke depan akan meningkatkan tiga fungsi Ansor meliputi pengkaderan, kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial umat.
Ikhwanudin menuturkan, dalam kegiatan keagamaan, Ansor akan memperkokoh kegiatan zikir dan amal saleh. Kemudian kegiatan pengkaderan, saat ini jumlah pengurus Ansor tingkat kecamatan di Jawa Tengah baru mencapai 266. Ke depan ditargetkan akan naik dan akan berdiri di semua kecamatan di Jawa Tengah.
Selain dua kegiatan itu, Ikhwanudin juga berkomitmen membawa Ansor lebih maju dalam bidang ekonomi. Dia menyebutkan saat ini sejumlah pengurus Ansor tingkat kabupaten ada yang sudah mengembangkan kegiatan ekonomi dimulai dari pertanian, koperasi dan peternakan. (ali/lis)