TEMANGGUNG–Tidak seperti ujian nasional SMP dan SMA, untuk ujian nasional sekolah dasar di Kabupaten Temanggung naskah soal diterima satu hari lebih cepat. Daerah penghasil tembakau ini menerima kiriman 1.155 boks soal berisi naskah soal dan lembar jawaban.
Sebenarnya Dinas Pendidikan telah diminta untuk mengambil naskah ujian dan lembar jawaban tersebut pada Senin (12/5) lalu. Karena alasan keamanan baru diambil pada Kamis (15/5) dan sampai ke Disdik pada Jumat (16/5) pagi. “Kami tidak ingin mengambil risiko. Jadi kami ambil tiga hari sebelum pelaksanaan ujian,”kata Sekretaris Dinas Pendidikan sekaligus ketua Pelaksana Ujian Sekolah Kabupaten Temanggung Ujiono.
Sementara itu, Surip Iriyanto Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kabupaten Temanggung menambahkan, telah menerima 1.155 boks terdiri dari naskah soal dan lembar jawaban ujian sekolah SD. “Antara soal dan jawaban dipisah. Tapi untuk jumlah lembar jawaban jumlahnya sama dengan naskah soal,” katanya.
Ia menyebutkan, sejumlah boks naskah soal dan lembar jawaban tersebut terdiri dari 574 boks untuk naskah soal dan 574 boks untuk lembar jawaban SD/MI, ditambah paket A sejumlah 4 boks dan SD luar biasa sebayak satu boks.
Ia menuturkan, naskah soal dan lembar jawaban ini akan didistribusikan ke 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di setiap kecamatan. Distribusi ke UPT sendiri baru akan dilakukan pada Sabtu (17/5). “Soal dan lembar jawaban ini akan menginap di disdik selama satu malam. Kemudian di UPT dua malam, distribusi ke sekolah-sekolah baru akan dilakukan Senin, sebelum ujian sekolah dilakukan,”jelasnya.
Ia menambahkan, pelaksanaan ujian sekolah untuk tingkat SD sendiri akan dilakukan selama tiga hari, dengan jumlah mata pelajaran sebanyak 3 mata pelajaran. “Sehari satu mata pelajaran, bahasa Indonesia, matematika dan olmu pengetahuan alam,”tandasnya. (zah/lis)