Sama, Soal Ujian US Siswa SD

14

CANDISARI — Ujian sekolah (US) tingkat SD untuk menggantikan ujian nasional akan digelar mulai Senin-Rabu (19-21/5). Sebanyak 1.517 naskah US SD dan sederajat se-Kota Semarang, Jumat (16/5) kemarin, telah diterima Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang.
Jumlah tersebut, meliputi SD/MI yang terbagi dalam 16 wilayah UPTD sebanyak 1.510 boks. Terdiri atas 755 boks naskah soal dan 755 boks Lembar Jawab Ujian Sekolah (LJUS), serta SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) sebanyak 7 boks.
Kepala Bidang Dikdasmen Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs Sutarto MM mengatakan, boks naskah US diterima Jumat (16/5) pagi, pukul 06.00. Naskah soal dikirim oleh PT Pura Barutama, Kudus.
”Kondisi naskah, kita tidak tahu karena masih disegel. Kita hanya menerima dalam bentuk kemasan boks,” kata Sutarto, kemarin.
Jumlah peserta US tahun ini, kata Sunarto, sebanyak 24.956 siswa. Terdiri atas SD/MI sebanyak 24.945 siswa dan SDLB sebanyak 11 peserta. ”Satuan pendidikan penyelenggara US SD sebanyak 506 sekolah, MI sebanyak 77, dan SDLB sebanyak 3 sekolah,” kata Sutarto. Untuk jenis soal, Sutarto mengaku sama. ”Semua peserta soalnya sama dan tidak ber-barcode,” katanya.
Sebanyak 3.020 pengawas akan mengawasi jalannya US. Pengawasan dilakukan dengan sistem silang. Yaitu, antar-sekolah dalam 1 UPTD. Sedangkan tata cara US, sama dengan tahun lalu, ketika masih berlaku unas.
Adapun materi soal, 25 persen dari kisi-kisi pusat dan 75 persen dari kisi-kisi provinsi. ”Secara substansi, tidak ada perbedaan antara Unas SD 2013 dan US SD 2014.”
Ditemui terpisah, terkait persiapan menghadapi US SD, Kepala SD Bandarharjo 2, Karyono SPd, mengatakan, para siswa terus mendapatkan pengarahan dari guru dan kepala sekolah. ”Saat ini kami terus berkoordinasi dengan guru terkait penugasan sistem silang sebagai pengawas.” (mg1/isk/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here