KANDRI — Berbagai persiapan menjelang dibukanya Waduk Jatibarang sebagai tempat rekreasi, mulai dilakukan warga RW III Desa Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati.
Salah satunya, membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). ”Ya, warga telah melakukan persiapan dengan membentuk kelompok wisata,” ungkap Lurah Kandri, Akhiat.
Akhiat mengatakan, selain membentuk Pokdarwis, persiapan lainnya, menggelar pelatihan pembuatan suvenir, kuliner, dan seni budaya. ”Pelatihan dilakukan guna mendukung dan mempersiapkan Kandri sebagai desa wisata.”
Akhiat menyampaikan, kearifan lokal di Kandri akan ditampilkan. Harapannya, sebagai desa wisata, Kandri bisa mendukung pariwisata Gua Kreo–Waduk Jatibarang. ”Jadi warga yang ada di Kandri ini telah beralih profesi, karena lahan pertanian mereka sudah menjadi proyek.”
Persiapan lain, warga mengikuti pelatihan menjahit. Untuk itu, pihak kelurahan telah bekerja sama dengan BKM setempat. ”Kita sudah mulai belajar memproduksi kaos Goker (Goa Kreo), kerajinan bambu, serta olahan penganan khas lainnya.”
Mereka juga melatih kera-kera Kreo untuk panjat pinang. ”Itu salah satu yang sedang dilakukan, agar nantinya bisa mendatangkan wisatawan ke Desa Kandri.” (hid/isk/ce1)