KENDAL — Banyak hal yang bisa dilakukan dalam peringatan tuberculosis sedunia atau TB Day. Seperti dilakukan TB Care Pengurus Daerah Aisyiyah Kendal. Lembaga ini mengajak masyarakat setempat untuk mengecek kesehatan dan jalan sehat gratis.
Ribuan warga tampak antusias mengikuti kegiatan yang digelar di halaman Gedung Pusat Muhammadiyah Kendal, Jalan Pemuda 42-56 itu. Tak hanya cek kesehatan dan jalan sehat. Masyarakat juga dihibur dengan pentas seni, aksi freestyle, bazar, lomba mewarnai, dan talk show bahaya penyakit TBC.
Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Kendal, Muslikhah mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat lebih peduli akan bahaya TBC. Juga perlunya penanganan TBC sedini mungkin. Menurut dia, hal ideal untuk menjaga agar terhindar dari TBC adalah dengan hidup sehat.
”Mulai kebersihan rumah dan lingkungan, gaya makan yang bersih dan sehat, serta rajin berolahraga. Sebab, TBC ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan,” ujar Muslikhah di sela kegiatan, Kamis (15/5) kemarin. Penyakit ini mudah menular. Baik melalui udara, air dan sebagainya.
Tanda-tanda penyakit ini, salah satunya, batuk kronis. Atau, minimal sakit batuk dua minggu tidak kunjung sembuh. ”Makanya, jika ada keluarga, teman atau tetangga dengan gejala demikian, segera periksakan atau melapor ke TB Care.”
Pengurus lainnya, Nurul Qomariyah menuturkan, TB Care Aisyiyah Kendal merupakan organisasi yang peduli penderita TBC. Sejauh ini, TB Care telah melakukan identifikasi terhadap masyarakat penderita TBC. Caranya, dengan menyebar 70 kader ke masyarakat.
”Tugas kami mendampingi warga yang diduga menderita TBC. Jika positif, maka kami lakukan pendampingan dalam hal pengobatan sampai sembuh.”
Selama 2014, TB Care sudah mendampingi 40 penderita TBC positif. ”Sebanyak 25 sudah dinyatakan sembuh, sedangkan sisanya 15 masih masa pengobatan.”
Seorang warga, Faizin, 30, mengaku senang dengan kegiatan peringatan TB Day oleh TB Care Aisyiyah. ”Bisa lebih tahu tentang bahaya dan terhindar dari TBC.” (bud/sct/isk/ce1)