Lima Anggota KIP Terpilih

204

GEDUNG BERLIAN — Lima Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Tengah periode 2014-2018 telah dipilih oleh anggota Komisi A DPRD Jateng melalui voting usai pelaksanaan fit and proper test  di Gedung Berlian Jalan Pahlawan Semarang, Rabu sore (14/5).
Kelima orang yang terpilih  adalah Rahmulyo Adi Wibowo (incumbent), Zaenal Abidin, Sosiawan (keduanya mantan anggota KPID Jateng), Nur Fuad, dan Handoko Agung Saputro.
Fit and proper test berlangsung selama 2  hari diikuti oleh 14 calon anggota KIP. Pada kesempatan itu, selain memutuskan mereka berlima, Komisi A juga memutuskan peringkat 6-10 sampai calon PAW, jika salah satu dari kelima orang itu nantinya berhalangan. Mereka yang masuk dalam daftar calon PAW adalah Edi Pranoto, Mieke Anggraini Dewi, Zaeni Bisri, AS Widodo Hardiono, dan Renaldi
Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat mengatakan, jumlah anggota  dewan yang  memilih calon anggota KIP sebanyak 15 orang. Masing-masing dewan memilih lima nama calon anggota. Dan kelima orang terpilih itu mendapatkan suara terbanyak. ”Lima orang yang terpilih ini akan kami sampaikan kepada pimpinan, lalu pimpinan yang akan menyerahkan kepada Gubernur Jateng untuk dibuatkan surat keputusan (SK),” katanya.
Fuad berharap, anggota KIP yang baru nanti diharapkan bisa bekerja labih baik lagi dibanding KIP lama. Mereka benar-benar bisa mengawal sengketa informasi publik di Jateng. ”Banyak persoalan sengketa informasi di Jateng ini yang perlu dikawal. KIP harus bisa melakukan itu,” kata politisi PKB ini. (saf/jpnn/aro/ce1)